Pemberdayaan UMKM dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Di Desa Siangan, Gianyar

  • I Gusti Agung Ayu Mas Suariedewi Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Kadek Dian Jatiwardani Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Ida Ayu Trisna Yudi Asri Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia

Abstract

UMKM di Kabupaten Gianyar mengalami penurunan omzet yang signifikan di masa pandemi corona virus (Covid-19) yang merebak sejak tahun 2020. Kendala utama yang dihadapi UMKM saat ini adalah aspek pemasaran yang sulit dan akses ke lembaga keuangan yang terbatas. Hal ini disebabkan karena masih banyak pelaku UMKM yang belum menyadari pentingnya pencatatan keuangan dan pembukuan yang benar dan pemasaran produk secara digital. Dalam rangka mempermudah proses penyusunan laporan keuangan dan pemasaran produk, Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa mengadakan pelatihan untuk mengajak pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi sederhana yang sudah terkomputerisasi. Metode yang  digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah metode wawancara, penyuluhan, diskusi dan latihan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif. Tahapan kegiatan tersebut akan lakukan seperti: Pertama, pengusul akan mengadakan penyuluhan mengenai konsep dasar pentingnya pengetahuan akuntansi dan pemasaran. Kedua, pengusul akan memberikan pelatihan langsung dengan memberikan beberapa kasus transaksi untuk proses penyusunan laporan keuangan dan cara memasarkan produk secara digital. Ketiga, pengusul akan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi pendukung dalam penyusunan laporan keuangan dan pemasaran produk yang sudah terkomputerisasi. Keempat, jika kegiatan PkM akan berakhir kami akan menyebarkan kuesioner sebagai bahan evaluasi dalam kegiatan ini. Hasil dari kegiatan ini, target luaran yang ingin dicapai yaitu peserta pelatihan memahami proses penyusunan laporan keuangan dan pemasaran dengan menggunakan aplikasi yang sudah terkomputerisasi.

 

References

Pardita, I. W. A., Julianto, I. P., & Kurniawan, P. S. (2019). Pengaruh Tingkat Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi, Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Tingkat Kesiapan Pelaku UMKM terhadap Penerapan SAK EMKM pada UMKM di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 9(3), 202-212. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/22803

Ratnawati, A. T., & Hikmah. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UKM (Studi Kasus UKM Di Kabupaten dan Kota Semarang). E-Jurnal Serat Acitya, 2(1), 102–114. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/sa/article/view/41

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Strategi Pemasaran dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148-154. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/1423

Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Di Holland Bakery Batubulan. EMAS, 2(3), 133-146. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1827/1480

Published
2021-12-02
Section
Articles
Abstract viewed = 282 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 318 times