PENGELOLAAN KEUANGAN, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGUKUR KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)

  • Ni Made Suindari Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Ni Made Rai Juniariani Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia

Abstract

Abstract To produce good performance, UMKM entrepreneurs must know how to manage their business finances. UMKM with good performance will have high competitiveness. To realize this, quality human resources are needed. In addition, in order to be able to develop SMEs, they are required to be creative and innovative in developing effective marketing strategies in order to produce good business performance. A UMKM will be difficult to develop if its business actors do not know how to market an effective product. This research aims to explore the effects of financial management, human resource competencies and marketing strategies on UMKM performance. This research uses 99 samples, namely the trade sector UMKMs that are included in the Denpasar Cooperative SMEs. Determination of the sample using the Slovin formula and the sampling technique used is simple random sampling. Data collection techniques were carried out by distributing questionnaires to the survey method. To answer the research hypothesis using analytical tools, namely multiple linear regression. The results showed that financial management, human resource competencies and marketing strategies had a positive effect on MSME performance. Keywords: Financial management, human resources competence, marketing strategies, UMKM performance Abstrak Untuk menghasilkan kinerja yang baik pelaku UMKM harus tahu bagaimana cara mengelola keuangan usahanya. UMKM dengan kinerja yang baik akan memiliki daya saing yang tinggi. Untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, agar mampu berkembang pelaku UMKM dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif agar menghasilkan kinerja usaha yang bagus. Sebuah UMKM akan sulit berkembang jika pelaku usahanya tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan suatu produk yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengaruh pengelolaan keuangan, kompetensi sumber daya manusia dan strategi pemasaran pada kinerja UMKM. Penelitian ini menggunakan 99 sampel yaitu UMKM sektor perdagangan yang termasuk dalam UMKM binaan Koperasi Kota Denpasar. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan metode survei. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan alat analisis yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan, kompetensi sumber daya manusia dan strategi pemasaran berpengaruh positif pada kinerja UMKM. Kata Kunci: Pengelolaan keuangan, kompetensi sumber daya manusia, strategi pemasaran, kinerja UMKM

References

Amalia, E. (2018). Implementasi Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Ciseeng, Kab. Bogor, Provinsi Jawa Barat. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Anggraeni, B. D. (2015). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Pemilik Usaha Terhadap Pengelolaan Keuangan. Studi Kasus: Umkm Depok. Jurnal Vokasi Indonesia, 3(1), 22–30. Retrieved from http://www.jvi.ui.ac.id/index.php/jvi/article/view/23

Anwar, M. P. (2012). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Ardiana, I. D. K. R., Brahmayanti, I. A., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 42–55. Retrieved from https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp. 42-55

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fibriyani, V., & Mufidah, E. (2018). Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Pasuruan. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (pp. 148–157). Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/618

Krisdanti, G., & Rodhiyah, R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Ukm Pada Sektor Industri Pengolahan Makanan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13379

Purwaningsih, R., & Kusuma, P. D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (pp. 7–12). Retrieved from https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/1113

Purwidianti, W., & Rahayu, T. S. M. (2015). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Industri Kecil Dan Menengah Di Purwokerto Utara. Kinerja: Journal Business and Economics, 19(2), 149–159.

Ratnawati, A. T., & Hikmah. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UKM (Studi Kasus UKM Di Kabupaten dan Kota Semarang). E-Jurnal Serat Acitya, 2(1), 102–114. Retrieved from http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/sa/article/view/41

Sarlito, S. W., & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Harmonika.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Tang, T., & Chen, Y.-J. (2008). Intelligence Vs. Wisdom: The Love of Money, Machiavellianism, and Unethical Behavior across College Major and Gender. Journal of Business Ethics, 82(1), 1–26. Retrieved from https://econpapers.repec.org/article/kapjbuset/v_3a82_3ay_3a2008_3ai_3a1_3ap_3a1-26.htm

Wahyudiati, D., & Isroah. (2018). Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Kasongan. Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(2), 1–11. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/view/13761

Published
2020-01-02
How to Cite
Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGUKUR KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148-154. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1423.148-154
Abstract viewed = 321 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 259 times