Laba Ditahan, Laba Operasi, Aliran Kas Operasi, Leverage, Profitabilitas Dan Pengaruhnya Pada Peringkat Obligasi

  • Putu Kepramareni Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati, Denpasar
  • Sagung Oka Pradnyawati Universitas Mahasaraswati, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Made Ardinda Rika Pratiwi Universitas Mahasaraswati, Denpasar-Bali, Indonesia
Keywords: Leverage, Aliran Kas Operasi, Laba Operasi, Profitabilitas dan Peringkat Obligasi, Laba Ditahan

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya membutuhkan dana atau modal yang umumnya diperoleh melalui pasar uang dan pasar modal. Pasar modal memungkinkan investor memiliki berbagai pilihan investasi yang sesuai dengan preferensi risikonya dimana perusahaan dapat menerbitkan instrumen keuangan di pasar modal untuk memperoleh dana. Inilah salah satu fungsi pasar modal yang memfasilitasi transfer dana dari pihak surplus kepada pihak yang membutuhkan dana. Salah satu instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal adalah obligasi. Kelayakan sebuah obligasi dapat dilihat melalui lembaga independen yang dapat memberikan peringkat pada obligasi. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat obligasi. Menurut (Syaifullah & Soemantri, 2016) laba ditahan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi namun berbeda dengan Susilowati dan Sumarto (2010) yang menemukan hasil bahwa profitabilitas dan laba operasi tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi, perbedaan hasil penelitian mengenai pengaruh laba ditahan, aliran kas operasi dan leverage pada peringkat obligasi juga ditemukan pada penelitian yang dilakukan oleh Adrian (2010), (Estiyanti & Yasa, 2012) serta Sihombing dan Rachmawati (2015). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh laba ditahan, laba operasi, aliran kas operasi, leverage dan profitabilitas sebagai beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang menerbitkan obligasi dan terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Regresi logistik digunakan untuk menguji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap peringkat obligasi. Sedangkan laba ditahan, laba operasi, arus kas operasi dan leverage tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi.

 

References

Almilia, & Devi. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. In Proceeding Seminar Nasional Manajemen SMART. Bandung.

Estiyanti, & Yasa. (2012). Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan pada Peringkat Obligasi di Bursa Efek Indonesia. Banjarmasin. No034-AKPM-53: Simposium NasionalAkuntansi XV.

Fahmi. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Junaedi. (2016). Akuntansi Keuangan. Bandung: Ghaila Indonesia.

Kieso. (2018). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Magreta, & Nurmayanti. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Ditinjau dari Faktor Akuntansi dan Non-Akuntansi. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 11(3). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/321652-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-prediksi-2babd431.pdf

Melia, A. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan sector keuangan. Business Accounting Review, 3(1). Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/2763

Raharja, & Sari. (2008). Kemampuan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi (PT. Kasnic Credit Rating). Jurnal MAKSI, 8(2), 212–232.

Rika, Budiatmanto, Prabowo, & Arifin, T. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar Di Busa Efek Indonesia. Aceh: Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Riyanto. (2011). Dasar – Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: YBPFE UGM.

Sari, & Bandi. (2010). Praktik Manajemen Laba Terkait Peringkat Obligasi. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto: Simposium Nasional Akuntansi XIII.

Syaifullah, S., & Soemantri, D. O. (2016). Pengaruh Kualitas Website Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : CV. Zamrud Multimedia Network). Jurnal Reakyasa Dan Manajemen Sistem Informas, 2(1), 19–22. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1689

Wild, J., & Subramanyam, K. . (2009). Analisa Laporan Keuangan (Kesepuluh). Jakarta: Selemba Empat.

Yasa. (2010). Pemeringkatan Obligasi Perdana Sebagai Pemicu Manajemen Laba: Bukti Empiris dari Pasar

Modal Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Yuliana. (2011). Pengaruh Pengumuman Peringkat Terhadap Kinerja Obligasi. Simposium Nasional Akuntansi VIII.Solo.

www.pefindo.com

www.idx.co.id

Published
2021-04-01
Section
Articles
Abstract viewed = 646 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1108 times