Analisis Fundamental Sebagai Prediktor Harga Saham Sektor Telekomunikasi

  • Ni Made Santini
  • Ni Luh Anik Puspa Ningsih Universitas Warmadewa
  • Ita Sylvia Azita Azis
Keywords: Fundamental, Rasio Keuangan, Harga Saham, Telekomunikasi

Abstract

Pesatnya perkembangan dan pertumbuhan perekonomian menuntut perusahaan untuk meningkatkan kinerja usahanya.Perusahaan dengan kinerja baik secara umum tercermin melalui harga sahamnya.Hal ini menjadikan harga saham sebagai salah satu preferensi investor dalam berinvestasi.Pendalaman terhadap perkembangan harga saham dapat melalui analisis fundamental perusahaan.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor fundamental perusahaan terhadap harga saham.Penelitian dilakukan pada sector telekomunikasi di BEI, dengan periode pengamatan 2017 – 2019.Adaoun jumlah populasi dan sekaligus menjadi sampel perusahaan sejumlah 5 emiten. Penelitian ini mempergunakan data sekunder dan teknik analisis regresi linier berganda, Temuan penelitian ini dari 5 (lima) rasio yang dipergunakan, current ratio, debt to equity ratio, dan earning per share secara individual berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham, gross profit margin berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dan rasio total asset turn over yang berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham perusahaan telekomunikasi di BEI.

 

References

Anoraga, Pandji & Pakarti, Piji. (2013). Pengantar Pasar Modal. Jakarta : Rineka Cipta

Azhary, D.F & Rahayu, S.M. (2016). Pengaruh ROE, DER, TATO dan PER terhadap Harga Saham Perusahaan Properti dan Real Estate yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia.

Elviani, Sri., Simbolon, Ramadona & Dewi, Sri Puspa. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Perusahaan Telekomunikasi. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 6(1).

Ferdian, R., Suryadi, E & Safitri, H. (2018). Analisis Dividend Payout Ratio (DPR), Gross Profit Margin (GPM) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham Indeks PEFINDO-25. Jurnal Produktivitas

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakara : PT. Raja Grafindo Persada,

Najib, Firmansyah & Triyonowati, Triyonowati. (2017). Pengaruh DPS, ROA, Inflasi dan Kurs terhadap Harga Saham pada Perusahaan Telekomunikasi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(7).

Rahmawati, P.W & Abudanti, N. (2018). Pengaruh EPS, PER, CR, dan ROE terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Sartono Agus. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Ketiga, Yogyakarta : BPPE.

Silalahi, E. & Manik, E.S. (2019). Pengaruh Dividend Payout Ratio, Debt Ratio dan Return on Asset terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan

Subrayaman, K.R & Wild, Jhon J. (2010), Analisa Laporan Keuangan, Edisi Kesepuluh Buku 1.Jakarta : Salemba Empat,

Umayah, Risa., Darna, Nana & Basari, Moch Aziz. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham (Suatu Study pada PT. Telkom Indonesia, Tbk yang terdaftar di BEI periode 2007-2017). Business Management and Entrepreneurhip Journal, 1(4).

Utami, Martina Rut dan Darmawan, Arif. (2018). Pengaruh DER, ROA, ROE, EPS dan MVA terhadap Harga Saham pada Indeks Saham Syariah di Indonesia. Journal of Applied Managerial Accounting,2(2).

Putri, L.P. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhada Harga Saham pada Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia.Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Wahyuni, R.E & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Harga Saham.

www.idx.co.id

Published
2021-04-01
Section
Articles
Abstract viewed = 516 times
PDF downloaded = 758 times