Strategi Pengembangan Csr Lpd Dalam Upaya Penguatan Implementasi Tri Hita Karana Dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Lpd Di Kecamatan Kintamani)

  • Anak Agung Sri Purnami Universitas Warmadewa
  • I Ketut Selamet Universitas Warmadewa
  • Ketut Sudarmini Universitas Warmadewa

Abstract

LPD merupakan salah satu LKM milik Desa Pakraman yang menyediakan jasa keuangan kepada masyarakat setempat dengan berdasarkan filosofi Tri Hita Karana. Dalam perkembangannya, aset LPD terus tumbuh dan menjadi lembaga non bank yang asetnya terbesar di Provinsi Bali. Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan sosial setempat, keuntungan LPD juga diporsikan untuk dana sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). Oleh karena itu penelitian ini memaparkan strategi pengembangan CSR LPD dalam upaya penguatan implementasi Tri Hita Karana dan Kesejahteraan Masyarakat, dengan studi pada LPD di Kecamatan Kintamani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bentuk implementasi CSR LPD; (2) faktor-faktor internal dan eksternal LPD dalam implementasi CSR LPD untuk penguatan Tri Hita Karana; serta (3) strategi pengembangan CSR LPD untuk penguatan Tri Hita Karana dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Kintamani. Populasi penelitian ini adalah seluruh LPD di Kecamatan Kintamani, dan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh responden sebanyak 143 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan selanjutnya dianalisis dengan analisis SWOT. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh LPD, sebagian dialokasikan untuk dana sosial atau CSR. Selama ini pemanfaatan dana CSR LPD di Kecamatan Kintamani masih terbatas untuk kegiatan ritual di pura (unsur Parahyangan). Beberapa faktor internal yang merupakan kekuatan LPD di Kecamatan Kintamani yaitu: (1) jumlah dana pihak ketiga; (2) kebijakan penyaluran kredit LPD; dan (3) kualitas sumber daya manusia pengelola LPD. Sedangkan beberapa faktor internal yang teridentifikasi sebagai kelemahan LPD di Kecamatan Kintamani adalah: (1) kualitas pelayanan LPD; (2) dukungan promosi LPD; (3) kompetensi sumber daya manusia LPD; dan (4) komitmen dan kompetensi pengurus LPD. Beberapa faktor eksternal yang merupakan peluang LPD di Kecamatan Kintamani yaitu: (1) budaya/istiadat masyarakat setempat; (2) tingkat pendidikan masyarakat sekitar; (3) sikap masyarakat; dan (4) dukungan desa pakraman. Sedangkan beberapa faktor eksternal yang teridentifikasi sebagai ancaman LPD yaitu: (1) perkembangan teknologi informasi; dan (2) perkembangan jumlah lembaga keuangan. Strategi yang saat ini sesuai diterapkan pada LPD di Kecamatan Kintamani adalah strategi hold and maintain. Penerapan strategi ini adalah dengan melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk.

References

Bagiada, I. M., & Darmayasa, I. N. (2015). Implementasi Filosofi Tri Hita Karana Dalam Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD). In Prosiding Simposium Nasional Akuntansi Vokasi ke-4 (pp. 798–815). Retrieved from https://docplayer.info/39967955-Implementasi-filosofi-tri-hita-karana-dalam-pengungkapan-tanggung-jawab-sosial-pada-lembaga-perkreditan-desa-lpd-badung-bali-80364.html

Damayanthi, I. G. A. E. (2011). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Berdasarkan filosofi Tri Hita Karana. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1–17. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjEv_yCkJrjAhUOSX0KHTxhDrQQFjAAegQIBhAC&url=https%3A%2F%2Fojs.unud.ac.id%2Findex.php%2Fjiab%2Farticle%2Fdownload%2F2656%2F1870&usg=AOvVaw3Tjf7ommuwosaKy3tgpb4R

Dwirandra, A. A. N. B. (2011). Rekontruksi Metoda Penilaian Aset dengan Filosofi Tri Hita Karana. Universitas Brawijaya.

Gray, R., Kouhy, R., & Lavers, S. (1995). Corporate social and environmental reporting: a review of the literature and a longitudinal study of UK disclosure. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 8(2), 47–77.

Hackston, D., & Milne, M. J. (1996). Some determinants of social and environmental disclosures in New Zealand companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 9(1), 77–108. Retrieved from https://doi.org/10.1108/09513579610109987

Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 8, Tahun 2002

Purwati, D. K. I., & Tenaya, A. I. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility Berlandaskan Filosofi Tri Hita Karana Pada Lembaga Perkreditan Desa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(3), 2203–2229. Retrieved from https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i03.p22

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-08-27
Section
Articles
Abstract viewed = 256 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 393 times