Perencanaan Dan Perancangan Wisata Industri Ulat Sutra Di Kec. Abiansemal, Badung, Bali

  • I Komang Edy Suparlan Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
  • I Kadek Merta Wijaya Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
  • I Ketut Sugihantara Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
Keywords: Wisata Industri, Ulat Sutra, Kain Sutra

Abstract

Peminat kain sutra di bali yang meningkat 30% peningkatan nilai produksi kain sutra di kecamatan abiansemal memiliki 1 budidaya ulat sutra yang bertempat di desa sibangkaja namun belum mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang produksi akan benang sutra dan kain sutra sedangkan di kecamatan abinsemal ini mempunyai masyarakat yang bermata pencaharian sebagai penjahit kain tenun tetapi belum memiliki produsen lokal benang sutra agar dapat memenuhi kebutuhan untuk mendukung meningkatnya akan kain sutra maka perlu adanya sebuah wadah yang tidak hanya sebagai tempat pembuatan kain tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat wisata auat berekreasi untuk meningkatkan akan kain di kabupaten badung dengan ini dapat di usulkan untuk mengajukan perencanaan dan perancangan wisata industri ulat sutra di kecamatan abiansemal, badung bali. dengan metode pengumpulan data yang digunakan studi literature, studi preseden dan wawancara dengan salah satu pelaku industri ulat sutra yang bernama Tri Edy Mursabda berdasarkan permasalahan di atas di usulkan perencanaan dan perancangan wisata industri ulat sutra di kec.abiansemal, badung, bali dengan menggunakan konsep dasar yaitu edukasi dalam berwisata dengan konsep ini mengolah bahan mentah berupa benang sutra yang di olah hingga menjadi kain sutra yang mempunyai harga jual yang tinggi

References

Indrias Putri Sevilia Sujarwo. (2019). Pelestarian Batik Melalui Wisata Edukasi Berbasis Budaya Visual. sendesunesa.net, 408.

Lincah Andadari, Sugeng Pudjiono, Suwandi, Tri Rahmawati. (2013). BUDIDAYA MURBAI DAN ULAT SUTRA . Jl. Gunung Batu No. 5 Bogor, J awa Barat, Indonesia: FORDAPRESS.

Riky Eka Putra. (2012). (Putra, Pengaruh Nilai Investasi, Nilai Upah, Dan Nilai Produksi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Mebel Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. journal.unnes.ac.id, 48.

Published
2022-01-03
How to Cite
Suparlan, I. K. E., Wijaya, I. K. M., & Sugihantara, I. K. (2022). Perencanaan Dan Perancangan Wisata Industri Ulat Sutra Di Kec. Abiansemal, Badung, Bali . Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(2), 340-349. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/article/view/3499
Abstract viewed = 63 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 65 times