Perencanaan Dan Perancangan Sekolah Luar Biasa (SLB) Di Kabupaten Buleleng, Bali.

  • Dewa Nyoman Ray Indra Prayoga Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
  • I Nyoman Gede Maha Putra Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
  • Made Suryanatha Prabawa Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
Keywords: Penyandang Disabilitas, Pendidikan, Kabupaten Buleleng

Abstract

Penyandang Disabilitas di Kabupaten Buleleng saat ini menempati kedudukan tertinggi diantara kabupaten lainnya yang ada di Bali, tetapi masih banyak penyandang disabilitas di kabupaten buleleng yang masih terlantar dan tidak mengenyam pendidikan, padahal penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan orang normal untuk dapat mengenyam pendidikan yang layak untuk keberlangsungan hidupnya nanti, maka dari itu dibutuhkan wadah atau tempat yang layak untuk mewadahi penyandang disabilitas yang belum mengenyam pendidikan di Kabupaten Buleleng dengan mengusulkan Perencanaan dan Perancangan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Buleleng, Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi literatur dengan melakukan browsing internet dan jurnal terkait dengan penelitian, Observasi lapangan dengan pengamatan langsung ke lokasi perencanaan dan metode survei dengan mengunjungi pihak terkait untuk mendapatkan data-data yang kuat. Konsep yang diterapkan yaitu Support Creativity yang mendukung kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing individu, dengan tema Arsitektur Modern yang menciptakan kesederhanaan dalam sebuah desain agar pengguna dapat dengan mudah menggunakan fasilitas yang ada pada perencanan ini karena pengguna dari bangunan ini merupakan penyandang disabilitas yang merupakan individu yang memiliki kekurangan sehingga dalam perencanaan ini akan memberikan kelebihan dari setiap fasilitas yang disediakan didalamnya.

References

Pemerintah Indonesia. 2008. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 33 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)”. Sekretariat Negara. Jakarta.

Mubasyaroh. 2015. “Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Dan Anak Berkesulitan Belajar ; Analisis Penanganan Berbasis Bimbingan Konseling Islam”. Kudus : Jurnal.

Peraturan Daerah Kabupaten Buleleng. 2015. “PERDA Kabupaten Buleleng Tahun 2015 Tentang bangunan Gedung.

Published
2022-01-03
How to Cite
Prayoga, D. N. R. I., Putra, I. N. G. M., & Prabawa, M. S. (2022). Perencanaan Dan Perancangan Sekolah Luar Biasa (SLB) Di Kabupaten Buleleng, Bali. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(2), 371-378. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/article/view/3484
Abstract viewed = 119 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 78 times