Perencanaan dan Perancangan Verticulture Farming Kelompok Wanita Tani Di Desa Taman, Kabupaten Badung, Bali

  • Ni Putu Yesi Irayani Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Parwata Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
  • Agus Kurniawan Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Warmadewa
Keywords: Pertanian, Kelompok Wanita Tani, Verticulture Farming

Abstract

Desa Taman merupakan salah satu desa di daerah Abiansemal yang terkenal sebagai desa yang memiliki wilayah pertanian yang luas serta masih terus berkembang, namum pengembangan sektor2pertanian belum dikelola secara seimbang antara program – program kerja2pertanian yang dimiliki. Salah satu program2kerja pertaian yang menarik untuk dikembangkan adalah program pertanian Kelompok2Wanita Tani (KWT) Kembang Lestari Desa2Taman. berdasarkan2pengamatan langsung dilapangan ditemukan permasalahan yang dapat dijadikan dasar dari2penelitian, masalah yang didapat adalah belum adanya konsep2pertanian baru yang dapat menunjang aktivitas pertanian KWT, utilitas yang tidak memadai sistem pengairan, kurangnya rumah2bibit untuk pengembangan produksi2bibit, penataan lingkungan yang tidak maksimal, dan kurangnya fasilitas pendukung pertanian yang lebih modern. Maka berdasarkan2permasalahan yang didapat diusulkan sebuah perancangan vericulture2farming dengan tujuan dapat membuat sebuah fasilitas2pertanian baru bagi KWT Desa2Taman yang lebih modern dan sesuai dengan konsep2perencanan dan2perancangan serta kebutuhan yang diperlukan sebagai fasilitas2pertanian dan penunjang pertanin KWT di Desa2Taman.

References

Mulyaningsih, A., Hubeis, A. V. S., & Sadono, D. (2018). Partisipasi petani pada usahatani padi, jagung, dan kedelai perspektif gender. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 145–158. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.18546

Nuryanti, S., Dewa, D., & Swastika, K. S. (2011). Peran Kelompok Tani Dalam Penerapan Teknologi Pertanian. Forum Penelitiaan Agro Ekonomi, 19(2), 115–128.

Liferdi L., Cahyo Saparinto. 2016. Vertikultur Tanaman Sayur. Jakarata Timur: Penebar Swadaya

Irayani. 2020. “Pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) Kembang Lestari Banjar Ketogan”. Hasil Wawancara Pribadi: 15 Agustus 2020, Banjar Ketogan Desa Taman.

Published
2022-01-03
How to Cite
Irayani, N. P. Y., Parwata, I. W., & Kurniawan, A. (2022). Perencanaan dan Perancangan Verticulture Farming Kelompok Wanita Tani Di Desa Taman, Kabupaten Badung, Bali. Undagi : Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(2), 309-318. Retrieved from https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/article/view/3417
Abstract viewed = 64 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 44 times