Pelatihan Strategi Pemasaran secara Digital dan Peningkatan Penjualan
Abstract
Kegiatan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan dengan tujuan agar sistem pemasaran UMKM menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat meningkatkan penjualan yang lebih baik lagi. Kegiatan pelatihan berupa sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya pemasaran digital di era saat ini. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah tentang strategi pemsaran produk-produk UMKM melalui social media dan market place yang tersedia di media social. Pelatihan berjalan sukses dan lancer. Peserta pelatihan mampu memahami dengan baik strategi pemasaran secara digital. Satu pelaku UMKM di kelurahan Telaga Sari telah menggunakan media digital untuk pemasaran, tapi secara umum peserta belum tahu tentang cara melakukan pemasaran secara digital. Pelaksanaan pelatihan melalui sesi tanya jawab menunjukkan bahwa peserta pelatihan sangat antusiasme menanyakan tentang pemasaran secara digital. Metode ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta. Tim pelaksana juga memberikan kuesioner yang berisi pertanyaan sejauh mana pemahaman peserta tentang strategi pemasaran digital. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 75 persen memahami materi yang disampaikan. Pealtihan ini dapat disimpulkan telah sukses dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta tentang pemasaran secara digital.
References
Anam, H., Sari, D. K., Sholeh, A., & Miswaty, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Entitas Mikro Kecil Dan Menengah Di Rt 50 Kelurahan Manggar Balikpapan Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 5(1), 11-15.
Dewi, P. E. T., Suargita, I. N., Astariani, N. K., Herlambang, P. G. D., & KS, T. G. A. W. (2023). Pemberdayaan Serati Banten Melalui Pelatihan Regenerasi Serati Banten dan Sosialisasi Digital Marketing untuk Meningkatkan Produktifitas UMKM Serati Banten di Desa Batuan Gianyar. Community Service Journal (CSJ), 5(2), 81-87.
Indiani, N. L. P., Yogiarta, I. M., Pulawan, I. M., & Setena, I. M. (2021). Penguatan Promosi Desa Wisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Community Service Journal (CSJ), 3(2), 50-56.
Miswaty, M., Sukimin, S., & Juwari, J. (2022). Pelatihan Pemasaran Terhadap Produk Usaha Ibu-Ibu Pkk Rt 28 Kelurahan Damai Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 5(1), 16-21.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Pulawan, I. M., Widari, D. A. N., & Yasa, I. M. J. (2022). PKM Pemanfaatan E-Commerce untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kerajinan Koran Bekas di Banjar Beng Desa Carangsari, Kabupaten Badung. Community Service Journal (CSJ), 5(1), 14-19.
Putra, I. M. A. M. (2020). Pemasaran Produk UMKM Bagi Pelaku Usaha Melalui Media Sosial. Community Service Journal (CSJ), 2(2), 58-61.
Suariedewi, I. G. A. A. M., Jatiwardani, K. D., & Asri, I. A. T. Y. (2021). Pemberdayaan UMKM dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Di Desa Siangan, Gianyar. Community Service Journal (CSJ), 4(1), 106-110.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Yamawati, N. K. S., & Indiani, N. L. P. (2023). Penguatan BUMDES, Penanggulangan Demam Berdarah, dan Pemasaran Digital UMKM di Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Community Service Journal (CSJ), 6(1), 28-33.