Pengabdian Pengolahan Hasil Perikanan Masyarakat Pesisir Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang

  • Ayu Rizki Amalia Kiki Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Hermawan Gatot Priyadi Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Nunik Mulyandari Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan wanita nelayan di Desa Nyamplungsari melalui pengolahan diversifikasi produk perikanan. Kegiatan pelatihan melalui 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Materi yang diberikan pada pelaksanaan pelatihan adalah pengolahan panko ebi, siomay ikan dan kaki naga. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan praktek. Setelah mengikuti pelatihan pengetahuan mengenai pengolahan hasil perikanan meningkat dengan rata-rata skor hasil pretest dan posttest yaitu 45 menjadi 86. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang.

 

References

Bahari, et al. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Siomay Ikan (studi Siomay Bang Ari Di Kelurahan Kambu Kota Kendari). Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan. FPIK UHO, ISSN 2502-664X: 3(4).

Ratnasari I, et al. (2018) Pendampingan Dan Diversifikasi Olahan Ikan Lokal Menjadi Produk Kaki Naga Untuk Pengembangan Kelompok Usaha Masyarakat Di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio: Assistance and Diversification of Processed Local Fish into Dragon Foot Products for the Development of Community Business Groups in Tiwingan Lama Village, Aranio District. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat . Vol 3 No 2: 194-200.

Suwarti, et al. (2015). Kumpulan informasi teknologi pengolahan produk berbasis ikan. Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan Direktorat Jenderal Penguatan daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Yasin M. N., Firlianty F., dan Najamudin A. (2020). "Pengolahan Hasil Perikanan Air Tawar Di Kelurahan Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya." Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4.1 . Vol 4 No 1: 150-158.

Published
2023-10-20
Section
Articles
Abstract viewed = 52 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 54 times