Program Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber dan Pendukungan UMKM Naik Kelas di Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kotamadya Denpasar

  • Cokorda Krisna Yudha Universitas Warmamdewa, Denpasar, Bali
  • Ni Luh Putu Indiani Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • Bayu Pasupati Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali

Abstract

Potensi Desa Dangin Puri Kangin cukup menjanjikan karena letak wilayah yang berada di perkotaan dan padatnya penduduk. Dari hasil observasi, terdapat sejumlah permasalahan yang dihadapi masyarakat. Permasalahan pertama adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pembuangan sampah dan limbah rumah tangga serta cara pengelolaan sampah dan limbah yang dapat didaurulang. Permasalahan kedua adalah penurunan omzet Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Bumdes di wilayah Desa Dangin Puri Kangin sebagai imbas pandemi. Sejumlah UMKM juga belum memiliki Izin Usaha Mikro Kecil sehingga menyulitkan akses UMKM ke lembaga keuangan.  Selain permasalahan tersebut, stunting juga menjadi agenda penting untuk diperhatikan mengingat permasalahan stunting cukup sering terjadi belakangan ini dan telah menjadi perhatian pemerintah. Dari permasalahan yang dihadapi maka solusi yang ditawarkan adalah edukasi pengelolaan sampah berbasis sumber di tingkat rumah tangga serta sosialisasi pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel. Untuk meningkatkan kinerja pemasaran digital UMKM dan Bumdes, solusi yang diberikan adalah pelatihan pemasaran digital. Untuk membantu UMKM naik kelas, dilakukan sosialisasi tata cara pengurusan izin usaha dan memberikan pelatihan membuat laporan keuangan dengan menggunakan neraca sederhana. Untuk permasalahan stunting, solusi yang diberikan adalah kegiatan penyuluhan gizi dan stunting. Keberhasilan kegiatan diukur menggunakan indikator: ketercapaian tujuan pelatihan, ketercapaian target yang telah direncanakan, dan keberlanjutan program. Tingkat ketercapaian ketiga indikator ini menunjukkan nilai rata-rata di atas 75 persen sehingga kegiatan pengabdian ini telah berjalan baik. Program-program dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dijaga keberlanjutannya dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dapat meningkatkan efektivitas program penanggulangan sampah dan pengembangan UMKM serta peningkatan gizi di Desa Dangin Puri Kangin.

 

References

Bahraini, A. (2020). Waste Bank to Support Indonesia Clean-from-Waste 2025. Retrieved 2 Sept 2020. Available online at: shorturl.at/bwDZ5.

Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara, Denpasar. (2021, Maret 12). Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Diakses pada, Maret 25, 2022, dari https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Dangin_Puri_Kangin,_Denpasar_Utara,_Denpasar&oldid=18111959

Indiani, N.L.P., dan Fahik, G.A. (2020).Conversion of online purchase intention into actual purchase: the moderating role of transaction security and convenience. Business: Theory and Practice, 21(1): 18-29.

Published
2022-07-07
Section
Articles
Abstract viewed = 31 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 31 times