Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi Kelompok Pemulung di TPA Suwung Denpasar

  • Luh Gde Evayanti Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
  • Ni Wayan Diana Ekayani Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
  • Pande Ayu Naya Kasih Permatananda Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
  • I Wayan Sudiarta Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
Keywords: pemulung, TPA Suwung, kesehatan, keselamatan kerja

Abstract

Pengetahuan terkait adanya risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja oleh para pemulung di TPA Suwung masih terbatas. Faktor yang paling mempengaruhi adalah sosialisasi yang kurang tentang pentingnya penerapan K3. Selain aspek K3 juga diketahui bahwa para pemulung yang bekerja > 8 tahun di TPA tersebut menggunakan APD yang tidak memadai dan pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kasus kecelakaan maupun risiko penyakit akibat kerja masih kurang. Mitra pengabdian ini adalah kelompok pemulung yang bekerja di TPA Suwung. Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan pemulung terkait K3, pertolongan pertama bila mengalami kecelakaan ataupun paparan risiko penyakit akibat kerja. Metode yang digunakan berupa pelatihan dan praktek langsung. Kegiatan dilakukan bersama dengan follow up dan evaluasi kepada mitra. Setelah dilaksanakan kegiatan ini, terdapat perbedaan antara post-test dengan nilai pre-test secara signifikan (p < 0,05). Data ini menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan pemulung setelah kegiatan.

References

Muksin IK. Penanganan Sampah di Tpa Suwung. Denpasar; 2016.

Suteja IAIiMP, Evayanti LG, Sudarjana M. Hubungan Personal Hygiene dan Penggunaan Alat Pelindung Diri dengan Keluhan Gangguan Kulit pada Pemulung di Tempat Pembuangan Akhir Suwung. Aesculapius Med J |. 2023 Feb;3(1):49–55.

Presiden Republik Indonesia. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. 1970.

Presiden Republik Indonesia. Undang - Undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan. 1992.

Ma’rifah JD, Kristianto FP, Prasetya J, Ariini NI, Pusptaninghsih FI, Ulfia YN. Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di Industri Furnitur. Alamtana (Jurnal Pengabdan Masy UNW Mataram) [Internet]. 2023;4(3):258–67. Available from: https://doi.org/10.51673/jaltn.v4i3.1770

Arman, Dewi SY. Pelatihan Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) pada Petugas Pengumpul Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Tanjung Priok. J Pengabdi Kpd Masy SINERGI. 2020;2(1).

Auliani R, Tanjung N, Simanjuntak DS. Edukasi Pencegahan Penularan Penyakit akibat Sampah dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pemulung di TPA Asam Jawa Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara. J Abdidas. 2020 Aug 28;1(5):306–12.

S TTB, Manalu SMH, Syaputri D, Angin SP. Edukasi Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pemulung di Tempat Pembuangan Akhir. EJOIN J Pengabdi Masy. 2023 Sep 9;1(9):924–31.

Published
2024-01-24
Abstract viewed = 143 times
PDF downloaded = 125 times