Program Kemitraan Masyarakat Travel Clinic Kelompok Tenaga Kesehatan dan Manajerial Klinik Bhakti Vedanta Sanur

  • Made Indra Wijaya Warmadewa University
Keywords: program kemitraan masyarakat, travel clinic, bhakti vedanta, universitas warmadewa

Abstract

Semenjak diumumkannya kasus COVID-19 pertama yang menimpa warga negara Indonesia pada bulan Maret 2020, dunia pariwisata di Bali secara dramatis mengalami penurunan volume kegiatan. Hingga lebih dari setahun belum ada tanda-tanda pemulihan pariwisata. Meskipun demikian, cepat atau lambat, pariwisata di Bali akan pulih perlahan-lahan seiring dengan semakin teratasinya pandemi COVID-19 yang ditandai dengan penurunan jumlah kasus baru dan meluasnya cakupan vaksinasi COVID-19. Pada bulan Maret 2021, Presiden Joko Widodo menetapkan tiga zona hijau yang akan dipersiapkan untuk dibuka bagi wisatawan manca negara, yaitu Ubud, Nusa Dua, dan Sanur. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kesehatan pariwisata yang mengacu pada body of knowledge yang dikembangkan oleh The International Society of Travel Medicine (ISTM) dan schedule of fee yang mengacu pada The Australian Medical Association (AMA) Fee List sehingga Klinik Bhakti Vedanta Sanur bisa berfungsi sebagai travel clinic. Mitra pengabdian masyarakat adalah kelompok tenaga kesehatan dan manajerial. Kegiatan diinisiasi dengan bimbingan teknis (bimtek) secara daring menggunakan zoom cloud meeting pada tanggal 22 Juni 2021. Materi bimtek meliputi Referensi Kesehatan Pariwisata dan Konsultasi Sebelum Perjalanan. Bimtek dilanjutkan selama empat sesi pertemuan, tiga sesi berpusat pada kesehatan pariwisata dan satu sesi mendiskusikan schedule of fee sesuai AMA Fee List. Program kemitraan masyarakat ini diakhiri dengan kunjungan ke Klinik Bhakti Vedanta Sanur dan penyerahan kenang-kenangan berupa Buku Travel Medicine kepada General Manager.

References

1. Center for Disease Control and Prevention. CDC Yellow Book 2020. Atlanta: CDC; 2020.
2. Keystone J., Kozarsky P., Connor B., Nothdurft H., Mendelson M., Leder K. Travel Medicine. 4th Edition. Amsterdam: Elsevier; 2019.
3. Torresi J., McGuinness S., Leder K., O’Brien D., Ruff T. Manual of Travel Medicine. 4th Edition. Singapore: Springer; 2019.
4. World Health Organization. International Travel and Health. Geneva: WHO; 2012.
Published
2022-05-19
Section
Articles
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 19 times