Sikap Positif Para Remaja di Desa Buduk Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung terhadap Bahasa Bali

  • I Nyoman Muliana Universitas Warmadewa
  • I Made Subur Fakultas Sastra Universitas Warmadewa
  • Anak Agung Gede Suarjaya Fakultas Sastra Universitas Warmadewa

Abstract

Artikel yang bertemakan sikap positif para remaja di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung terhadap bahasa Bali merupakan hasil sebuah penelitian. Penelitian tentang sikap bahasa ini tampak penting dilakukan untuk menelaah keberadaan bahasa Bali sebagai bahasa daerah di kalangan para remaja. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini terdiri atas bentuk dan faktor sikap bahasa para remaja di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung terhadap bahasa Bali. Teori yang diterapkan adalah Teori Sikap Bahasa yang dikemukakan oleh Ladegaard (2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa para remaja di Desa Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung memiliki sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Bali. Faktor-faktor yang mendukung sikap bahasa mereka itu dalah demografi dan loyalitas bahasa.

References

Chaer, Abdul, 2011. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Jendra, I W. 2007, Sosiolinguistik Teori dan Penerapannya. Surabaya : Penerbit Paramita.

Darwis, M. 2011. Nasib Bahasa Daerah di Era Globalisasi : Peluang dan Tantangan : https://core.ac.uk/download/pdf/25485327.pdf .

Garvin, Paul L. dan Madeline Mathiot, 1956. The Urbanization of the Guarani

Language: A Problem in Language and Culture, dalam Men and Culture: Selected Papers of the Fifth International Congress of Anthropological and Ethnological Sciences. Philadelphia : University of Pennsylvania Press.

Ladegaard, H.J. 2000. Language Attitudes and sociolinguistic behaviour : Exploring attitude-behaviour relations in language in Journal of Sociolinguistics Number 2. USA : Blackwell Publishers Ltd.

Mahsun, M.S., 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi. Metode, dan

Tekniknya. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Wardani, A.K.D.K., Gosong, M., Artawan, G. 2013. Sikap Bahasa Siswa terhadap Bahasa Indonesia Studi Kasus di SMA Negeri 1 Singaraja : https://www.neliti.com/publications/206910/sikap-bahasa-siswa-terhadap-bahasa-indonesia-studi-kasus-di-sma-negeri-1-singara

Wardani, D.I., Sukamto, Simanjuntka, H. 2016. Pemilihan dan Sikap Bahasa Warga Bubuhan Banjar di Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa. Vo. 5. No. 5. pp. 1-17. Tahun 2016. Diakses dari :

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15398

Wulandari, et al. 2012. melakukan penelitian dengan judul Sikap Santri dalam Konteks Pemertahanan Bahasa Jawa dalam Proses Pengajaran di Pesantren (Studi Kasus pada Pesantren-Pesantren di Semarang) : http://eprints.undip.ac.id/43120/1/LAPORAN_AKHIR_Penelitian_pembinaan.pdf

Published
2021-05-10
Section
Articles
Abstract viewed = 260 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 324 times