Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Universitas Warmadewa Dalam Rangka Penguatan Daya Saing Perguruan Tinggi di Masa Depan

  • Ida Bagus Agung Dharmanegara 1)Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa, Denpasar – Bali

Abstract

Beberapa tahun terakhir telah terjadi pergeseran yang sangat penting dan fundamental pada ilmu pengetahuan, pendidikan, dan tehnologi. Revolusi industri 4.0. telah menjadi tanda alarm bagi perguruan tinggi yang berusaha meningkatkan daya saingnya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena fokus dari pendidikan tinggi sebelumnya telah bergeser dari input kepada output, dengan fokus pada mahasiswa dapat menguasai bagaimana menciptakan hasil sebelum bergerak ke konten pembelajaran yang lebih tinggi. Tetapi perlu diketahui bahwa sebuah perguruan tinggi terdiri tidak hanya dari mahasiswa selaku pelanggan utamanya, maupun dosen selaku ujung tombak dari tri dharma perguruan tinggi. Organisasi perguruan tinggi perlu untuk lebih memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia secara keseluruhan. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan gagasan penting terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia di perguruan tinggi dengan lebih spesifik adalah bagi Universitas Warmadewa sebagai salah satu universitas terbesar di Bali. Kata Kunci: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penguatan Daya Saing,

References

Boyatzis, R.E. (1982). The competent manager: A model far effective performance. New York: John Wiley and Sons.

Harto, K. (2018). Tantangan Dosen PTKI di Era industri 4.0. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 1—15.

Jung, J., Shin, J.C. (2015). Administrative staff members’ job competency and their job satisfaction in a Korean research university. Studies in Higher Education, 40:5, 881-901, DOI: 10.1080/03075079.2013.865161.

Lawler, E. (1994). From job-based to competency based organizations. Journal of Organizational Behavior, 15, 3–16.

Prifti, L.; Knigge, M.; Kienegger, H.; Krcmar, H. (2017): A Competency Model for "Industrie 4.0" Employees, in Leimeister, J.M.; Brenner, W. (Hrsg.): Proceedings der 13. Internationalen Tagung Wirtschaftsinformatik (WI 2017), St. Gallen, S. 46-60

Rodriguez, D., Patel, R., Bright, A., Gregory, D., Gowing,M.K. (2002). Developing Competency Models To Promote Integrated Human Resource Practices. Human Resource Management, Fall 2002, Vol. 41, No. 3, Pp. 309–324

Schmidt, A., Kunzmann, C. (2007). Sustainable Competency-Oriented Human Resource Development with Ontology-Based Competency Catalogs in Cunningham & Cunningham (eds) : eChallenges 07. Den Haag 2007.

Skorková, Zuzana. (2016). Competency models in public sector.Procedia - Social and Behavioral Sciences, 230 ( 2016 ) 226 – 234. DOI: 10.1016/j.sbspro.2016.09.029.

Spencer, L.M., & Spencer, S.M. (1993). Competence at work: Models for superior performance. New York: John Wiley and Sons.

Ulrich, D. (1997). Human resource champions. Cambridge, MA: Harvard Business School Press.

Wood, R. & Payne, T.(1998). Competency based Recruitment and Selection. Chichester: John Wiley & Sons.

Wu,J.L. (2013).The Study of Competency-Based Training and Strategies in the Public Sector: Experience From Taiwan.Public Personnel Management, 42(2) 259–271. DOI: 10.1177/0091026013487124

Published
2019-12-26
Section
Articles
Abstract viewed = 121 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 76 times