Demokrasi Sebagai Dasar Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik

  • I Nyoman Wiratmaja Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • I Wayan Sudana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali

Abstract

Demokrasi tidak sekadar dipahami secara formalitas. Setiap pemimpin yang terpilih secara demokratis, seharusnyalah menjalankan pemerintahannya secara demokratis pula. Sejalan dengan tujuan dari kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah adalah untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, termasuk mendekatkan fungsi pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan penyelenggaraan kepemerintahan dapat berjalan lebih baik, dalam arti pemerintah yang dekat dengan masyarakat dan mampu mewujudkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan masyarakat. Dibutuhkan pemerintah yang lebih responsif untuk menegakkan prinsip-prinsip demokrasi untuk meningkatkan rasa percaya, di saat masyarakat semakin kritis dan berani untuk menyampaikan aspirasi dan melakukan kontrol terhadap kinerja yang dilakukan oleh pemerintah daerahnya. Menegakkan prinsip demokrasi dalam melaksanakan pelayanan publik, sudah pasti akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan mampu memperbaiki citra pelayanan publik yang buruk, memperkuat daya saing daerah, mendorong peningkatan investasi dan pengembangan perekonomian daerah, serta menciptakan efisiensi dan efektivitas pelayanan umum.

References

Effendi, S. (1993). Strategi Administrasi dan Pemerataan Akses pada Pelayanan Publik Indonesia, Laporan Hasil Penelitian, Fisipol UGM, Yogyakarta.

Islamy, M. I. (1999). Reformasi Pelayanan Publik. Makalah Pelatihan Strategi

Pembangunan Sumber Manusia Aparatur Pemerintah Daerah dalam Era Globalisasi, di Kabupaten Daerah Tingkat II Trenggalek.

Pratikno. (2010). Rekonsilidasi Reformasi Indonesia: Kontribusi Studi Politik dan Pemerintahan Dalam Menopang Demokrasi dan Pemerintahan Efektif. Pidato Pengukuhan Guru Besar.

Rondinelli. D. A. (1981). Government Decentralization in Comparative Perspectivve: Theory and Practice in Developing Countries. International Review of Administrative Science, 47(2). Retrived from: https://doi.org/10.1177/002085238004700205

Waters, M. (1994). Modern Sociological Theory. New Delhi: Sage Publications

Published
2020-01-10
Section
Articles
Abstract viewed = 35 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 140 times