Transparansi Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Kalembu Ndaramane Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya

  • Mariana Rade Dapawole Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa
  • Diah Rukmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa
  • I Wayan Sudana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa

Abstract

DPRD as an institution that oversees local regulations and bupati decisions meant that the DPRD oversees local regulations and regent regulations. The purpose of this study is to find out how the implementation of DPRD supervision as a supervisory body against the implementation of Regional Regulations and Regents Regulations in the District of West Sumba and to find out the obstacles faced by the DPRD in conducting supervision on the implementation of Local Regulations and Regulations of the Regent. To answer the problems mentioned above, in this study the authors decided this paper concentrated on the supervision of the DPRD on the implementation of Regional Regulations. The research location of the Secretariat of West Sumba Regency DPRD with a sample of 24 members from 6 Political Parties located in West Sumba. Methods of data collection using Interview method. From the results of the analysis that has been done can be concluded that the DPRD officials have performed its function and position in overseeing local government in West Sumba Regency respondent answer 83.3%. The local regulations issued by the West Sumba Regency DPRD have not been properly monitored (83.3%). The regional regulations made by the West Sumba Regency DPRD are based on Board committee meetings (66.7%). The obstacles in implementing DPRD oversight are the level of education of House members and the different backgrounds of each member of the council.

References

Aguag Djojosoekarto, Dinamika Dan Kapasitas DPRD Dalam Tata Pemetintahan Demokratis, (Jakarta: Konrad Adeneur Stiftung, 2004).

Budiarjo, Mariam. Dasar Ilmu Politik. Gramedia, Jakarta. 1988.

C.S.T, Kansil daa Chiristine S.T. Kansil.Hukum Tata Negara Republik Indonesia, (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1997)

Esnii Warassih., Pranata Hukum Sebuah Telaah Sosiologis. (Semarang: PT. Suryandaru Utama Semarang. 2005),

H. Hadari Nawawi, Pengawasan Melekat di Lingkungan Aparatur Pemerintah, (Jakarta: Penerbit Erlangga. 1994)

H. Siswanto Siularso..Hubungan Kemitraan Badan Legislatif & Eksekutif Di Daerah, (Bandxmg: Penerbit CV. Mandar Maju, 2005)

Hans Kelsen. Teori Hukum Murni, (Bandung: Penerbit Nusamedia &Nuansa, Get. Ke-2 2007)

Hans Kelsen. Teort Umum Hukun dan Negara, (Jakarta: BEE Media Indonesia, 2007)

Hoetomo, M. A. Kamus Umum Politik Indonesia, Mitra Pelajar. Surabaya. 2005

Johnny Ibrahun, Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif.(Malang: Penerbit Bayumedia Publishing, 2006)

Juanda.Huhan Pemerintahan Daerah, (Bandung: Paierbit P.TAlumni Bandung, 2004)

Judith Edstron, Chief of Party, Hans Antlov, Governance Advisor, (Jakarta: USAID-LGSP, Legal Drafting Penyusunan Peraturan Daerah, 2007)

Ketetapan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR*.No. III/MP8/2000.(Jakarta: Sekretariat MPR RI2006).

Undang-Undang tentang Susunan Dan Kedudukan MPR.DPR.DPD dan DPRD, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2003, Lembaran Negara Nomor 92 Tahun 2003.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Panduan P&nasyarakatan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Sesuai dengan Urutan Bab, Pasal, dan Ayat, (Jakarta: Sekretariat Jendral MPR RI2006),

Majelis Permusyawaratan Rakyat, Ketetapan MPR Nomor HI/MPR/2000, pasal 3 ayat (7)

Mariaman Darto, "Otonomi Daerah, Civil Society dan Kemandirian Dareah", Equilibrium. Vol. 3, No. 1 Septeni>er-Deseniber2005.

Moh. Mahfud MD., Pergulatan Politik dan Hukum Di Indonesia, (Yogyakarta: Penerbit Ghalia Media, 1999)

Munir Amir & Reni Dwi Purnomowati, Lembaga Perwakilan Rakyat, (Jakarta: Pusat Studi Hukum Tata Negara FHUI, Get, Pertaina, 2005),

Painun Napitupulu, Menuju Pemermtahan Perwakilan, (Bandung: Penerbit P.T.Alunmi Bandung. 2007)

Pasal 1 poin (4).Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, UU Nomor 32 Tahun 2004, Lembaian Negara Nomor 125 Tahun 2004.

Poewardarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta, 1985.

Republik Indonesia, 30 Tahun Indonesia Merdeka 1945-1949. Sekretariat Negara Republik Indonesia. (Jakarta: diterbitkan PT. Citra Lamtoro Agung Persada, Cetakan ke-7.1986),

Sadu Wasistiono, MS. Kapita Selekta Manajenien Pemerintahan Daerah, (Bandung: Penerbit Fokusmedia. 2003)

Sadu Wasistoao & Ondo Riyani.Etika Hubungan Leislatif Eksekutif Dalam Pelaksanaan Otonami Daerah (Bandung: Penerbit Fokusinedia, Cet.ke-2, 2003)

Satya Arinanto, Hak Asasi Manusia dalam Transisi Politik Indonesia, (Jakarta: Pusat Studi Huku FHUI. 2005

Soerjono Soekanto. Pokok-Pokok Sosiologi Hukum, (Jakarta: Rajawali Press. 1988),

Suwoto Mulyosudarmo. Peralihan Kekuasaan Kajian Teoritis dan Yuridis Terdadap Pidato Nmvaksara, (Jakarta: Gramedia Pustaka Urata, 1997)

Taliziduhu Ndraha, Kybernologi Sebuah Rekonstruksi limn Pemerintahan. (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2005)

Theo Huijbers, Filsafat Hukum Dalam Lintasan Sejarah, (Bandung: Penerbit Kanisius. 1982),

Undang Undang Dasar 1945, Pasal 18 ayat (I) UUD1945.

Usaid, LGSP. Membina Hubungan deugan Konstituen, (Jakarta: 2007)

Published
2019-03-29
Section
Articles
Abstract viewed = 200 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 324 times