Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel tidak pernah di terbitkan di jurnal lain
  • Artikel telah memenuhi gaya selingkung
  • Artikel dalam format *.doc atau *.docx (microsoft office word)

Author Guidelines

PENGAJUAN ONLINE DAN PETUNJUK PENULISAN Langkah Pengajuan Online Setelah memiliki username/password untuk log in ke dalam Jurnal Sarathi: Jurnal Ilmu Politik, penulis akan diarahkan ke halaman pengajuan naskah online dengan memilih new submission. Langkah 1 – Memulai Penyerahan Naskah: Penulis harus memenuhi dan memberikan tanda rumput pada check list yang terdapat dalam jurnal dan harus sesuai dengan isi artikel yang akan diserahkan. Penulis dapat memberikan komentar kepada editor jurnal dengan mengisi pada “kolom komentar untuk editor”. Kemudian klik save and continue untuk menuju tahap selanjutnya. Langkah 2 – Mengunggah Naskah: Untuk mengunggah naskah ke dalam jurnal, klik choose file dan pilih artikel yang ingin diunggah (dalam format *.doc/ *.docx), lalu klik tombol upload. Setelah file terunggah (terdapat keterangan nama, nama original, ukuran, dan tanggal unggah) klik save and continue untuk melanjutkan. Langkah 3 – Memasukkan Metadata Naskah: Pada langkah ini, penulis melengkapi identitas diri beserta judul dan abstrak artikel. Apabila artikel ditulis oleh dua penulis atau lebih, klik add author untuk menambahkan penulis. Klik principal contact for editorial correspondence pada penulis yang bisa dihubungi untuk evaluasi artikel. Form yang berisi tanda * wajib diisi oleh penulis. Lanjutkan dengan klik save and continue. Langkah 4 – Mengunggah File Tambahan: Apabila artikel memiliki file tambahan berupa instrument penelitian, materi penelitian, hasil penelitian, transkrip, analisis data, sumber data maupun yang lainnya silahkan pilih file yang dimaksud dengan klik choose file selanjutnya upload. Dokumen yang telah terunggah akan ditampilkan di atas kolom upload. Jika dokumen tambahan sudah terunggah lanjutkan dengan klik save and continue. Langkah – 5 Mengkonfirmasi Penyerahan Naskah: Tahap terakhir yang dilakukan adalah meninjau dokumen-dokumen yang telah terunggah sebelumnya (artikel dan dokumen tambahan). Apabila semua dokumen sudah sesuai silahkan klik finish submission. Kemudian klik active submission. Setelah menyerahkan naskah, Penulis yang telah menyerahkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi. Kemudian, Penulis dapat memantau perkembangan status naskah setiap saat dengan log in pada laman jurnal. Pantauan status jurnal meliputi Status naskah dan proses editorial. Petunjuk Penulisan 1. Petunjuk Umum Naskah diserahkan secara online melalui https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/sarathi/ Jika penulis mendapat kesulitan dalam melakukan proses penyerahan naskah secara online, penulis dapat menghubungi pengelola melalui email sarathi.unwar@gmail.com Naskah dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Konten artikel diketik menggunakan font TNR 12pt normal. Artikel secara keseluruhan terdiri dari 3500-5000 kata. Pendahuluan terdiri dari latar belakang, masalah yang diangkat, dan tujuan penelitian yang dilakukan. Isi artikel diketik dengan menggunakan font TNR 12pt sedangkan untuk judul (pendahuluan, metode, pembahasan, simpulan, daftar pustaka) diketik dengan font TNR 12pt. Spasi yang digunakan adalah 1.0 sesuai dengan gaya selingkung Jurnal Sarathi yang dapat diunduh pada template naskah. 2. Template Naskah Naskah harus disiapkan sesuai dengan petunjuk penulisan dalam bentuk Microsoft office word. Template dapat diunduh di https://drive.google.com/open?id=0Bzs-74FqVJQeSElsd0t6WUN1aGc 3. Peninjauan Naskah Setiap naskah yang diserahkan akan melalui proses review. Keputusan publikasi, amandemen, atau penolakan sesuai dengan rekomendasi dari reviewer terkait. Jika reviewer mendapati naskah tidak sesuai untuk dipublikasikan dalam jurnal, penulis akan mendapatkan pemberitahuan dalam 3 (tiga) bulan yang menjelaskan naskah terkait tidak bisa dipublikasi dalam jurnal. 4. Revisi Naskah Naskah yang dikirim kembali ke penulis untuk diperbaiki harus kembali dikirim kepada editor jurnal tanpa adanya penundaan/keterlambatan. Naskah yang telah direvisi dapat dikirim secara online melalui https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/sarathi/. Naskah yang telah diperbaiki dan dikirim kembali setelah lebih dari 3 (tiga) bulan akan dianggap sebagai penyerahan naskah baru. 5. Petunjuk Persiapan Naskah Seluruh naskah yang diserahkan pada jurnal SARATHI ditinjau dan ditentukan oleh editor jurnal SARATHI. Naskah yang tidak sesuai dengan gaya selingkung jurnal SARATHI akan ditolak. 6.1. Format Naskah Naskah yang diserahkan ke jurnal SARATHI harus terdiri dari 3500-5000 kata dengan format seperti di bawah ini: 1. Untuk artikel yang berasal dari hasil penelitian memuat: - Judul - Penulis - Abstrak dalam Bahasa Inggris - Kata-kata kunci - Pendahuluan - Tinjauan Pustaka - Metode - Hasil dan Pembahasan - Kesimpulan dan Saran - Daftar Pustaka (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja) 2. Artikel setara hasil penelitian memuat: - Judul - Penulis - Abstrak dalam Bahasa Inggris - Kata-kata kunci - Pendahuluan (tanpa subjudul) - Subjudul - Subjudul Sesuai kebutuhan - Subjudul - Penutup (berisi kesimpulan dan saran) - Daftar Pustaka (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja) 6.2. Judul/Title • Harus singkat, maksimum 10 kata dalam Bahasa Inggris, dan 12 kata untuk Bahasa Indonesia yang mencerminkan isi artikel. • Bila judulnya panjang, jadikan judul utama sebagai inti (maintitle) dan frase penjelas sebagai subjudul (subtitle). 6.3. Penulis/Authors • Nama Penulis dibuat lengkap tanpa gelar akademis dan dicantumkan dibawah judul. • Penulis diurut sesuai dengan keinginan penulis apabila lebih dari satu penulis. • Nama lembaga lengkap dengan alamat email penulis. Secara keseluruhan, cara menuliskannya adalah sebagai berikut: - Nama penulis1; nama penulis2 (Times New Roman 11pt, cetak tebal, rata tengah) - Institusi penulis1; institusi penulis2 (Times New Roman 11pt, rata tengah) - Alamat surel1; alamat surel2 (Times New Roman 11pt, rata tengah) 6.4. Abstrak dan Kata Kunci • Dibuat ringkas, namun unsur harus lengkap: tujuan penelitian, lingkup, metode, hasil utama termasuk fakta-fakta baru, kesimpulan utama, dan keberartiannya. • Maksimal 200 kata, disajikan satu paragraf dalam Bahasa Inggris untuk artikel berbahasa Indonesia dan sebaliknya dalam Bahasa Indonesia untuk artikel berbahasa Inggris. • Ditulis dengan kalimat penuh, bukan kalimat telegram dan mengandung semua kata kunci yang akan diindekskan. • Kata kunci terdiri dari kata-kata yang akan menjadi inti pembahasan dengan jumlah kata maksimal 8 (delapan) kata dalam bahasa inggris. Secara keseluruhan cara menuliskannya adalah sebagai berikut: - HEADING (Times New Roman 12pt, cetak tebal, rata tengah, kapital) - Isi (Times New Roman 10pt, rata kanan kiri, spasi 1.0) - Kata kunci (Times New Roman 10pt, rata kiri, spasi 1.0) 6.5. Pendahuluan/Introduction • Pendahuluan terdiri dari latar belakang, masalah yang diangkat, dan tujuan penelitian yang dilakukan. Pada bagian pendahuluan ini, penulis juga harus memaparkan kajian pustaka yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Sitasi menggunakan gaya APA (American Psychological Association). Sitasi dapat dilakukan dengan mnggunakan program aplikasi Mendeley (direkomendasikan). Cara menuliskannya adalah sebagai berikut: - HEADING (Times new roman 12pt, rata kiri, cetak tebal, kapital) - Isi (times new roman 12pt, rata kanan kiri, spasi 1.0) 6.6. Pembahasan/main body • Bagian ini mengandung hasil analisis yang dilakukan, khususnya dalam menjawab masalah yang disajikan pada pendahuluan. • Pembahasan dibuat sesuai dengan temuan dari penelitian yang dilakukan dan dibuat dibuat berurut sesuai dengan urutan dalam tujuan. • Hindari perincian yang tidak perlu atau pengulangan dari bagian-bagian sebelumnya. • Diskusikan tentang prinsip-prinsip yang berlaku. • Berikan alasan/bukti pendukung untuk pilihan tertentu. • Gunakan diagram/tabel secara baik. • Tafsirkan hasilnya dan sarankan implikasinya untuk penelitian yang akan datang. • Secara keseluruhan, cara menuliskannya adalah sebagai berikut: - HEADING (Times new roman 12pt, rata kiri, cetak tebal, kapital) - Sub Heading (Times new roman 12pt, rata kiti, cetak tebal) - Isi (times new roman 12pt, rata kanan kiri, spasi 1.0) 6.7. Penutup/concluding remark • Ringkas apa yang telah didiskusikan dan implikasinya. • Rumuskan kesimpulan. • Ucapan terima kasih / acknowledgement, sampaikan pengakuan atas bantuan/kontribusi orang lain (bila perlu). Cara menuliskannya adalah sebagai berikut: - HEADING (Times new roman 12pt, rata kiri, cetak tebal, kapital) - Isi (times new roman 12pt, rata kanan kiri, spasi 1.0) 6.8. DAFTAR PUSTAKA/References • Daftar pustaka menggunakan gaya sitasi APA (American Psychological Association) dan cara menuliskannya sebagai berikut: - HEADING (Times new roman 12pt, rata kiri, cetak tebal, kapital) - Isi (times new roman 12pt, rata kanan kiri, spasi 1.0)

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.