Arah Dan Kecendrungan Administrasi Publik Di Bali

  • Anak Agung Gede Oka Wisnumurti Magister Administrasi Publik Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
Keywords: Administrasi Publik, Bali

Abstract

Membicarakan arah dan kecendrungan administrasi publik di Bali, tentu tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan administrasi publik di Indonesia dan trend perkembangan ilmu adminstrasi publik global yang sangat tinggi. Munculnya begitu banyak orientasi dan paradigma ilmu administrasi publik menunjukkan betapa ilmu administrasi publik berkembang pesat searah dengan perkembangan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan Berdasarkan karakteristik ilmu administrasi di Bali dapat dilihat bagaimana ilmu administrasi publik dapat merespon globalisasi yang merampbah melalui kegiatan kepariwisataan. Bahwa globalisasi telah merubah kebiasaan masyarakat dan memberikan kemudahan akses bagi seluruh aktor dalam mengakses informasi termasuk informasi tentang kinerja pemerintah. Dengan demikian, arah dan kecendrungan administrasi publik di Bali, mengacu pada konsep dan teori administrasi publik yang bersifat hibrid-interdisipliner, dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal yang sudah tumbuh dan berkembang dalam.

References

Ardika, I, W. (2005). Kearifan Lokal dan Ketahanan Budaya Bali, dalam Kompetensi Budaya dalam Globalisasi”, Darma Putra dan Windhu Sancaya (ed.), Denpasar: Fakultas Sastra Universitas Udayana dan Pustaka Larasan.

Batalli, M. (2011). Impact of Public Administration Innovations on Enchancing the Citizens, Expectation. International Journal of e-Education, e-Bussines, e-Manajemen and e-learning. 1 (2)

Dwiyanto, A. (2018). Ilmu Administrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hennry, N. (1992). Public Administration and Public Affairs, 3th Ed. Englewood Cliffs: Prentice Hill.

Putra, A. A, G, A. (2006). Peralihan Sistem Birokrasi dari Tradisional ke Kolonial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suruci, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Spirit Publik. 12 (2)

Sztompka, P. (2005). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Penanda.

Published
2019-03-04
Abstract viewed = 65 times
PDF downloaded = 190 times