Peran Generasi Milenial Dalam Pengelolaan Sampah Plastik Di Desa Penatih Dangin Puri Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar

  • I Gusti Agung Ayu Yuliartika Dewi Magister Administrasi publik, Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
Keywords: Peran generasi milenial, pengelolaan sampah plastik.

Abstract

Limbah sampah plastik setiap hari semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah produk dan pola konsumsi generasi milenial. Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi peningkatan volume sampah plastik tersebut adalah dengan cara mengurangi volume sampah plastik dari sumbernya melalui pemberdayaan generasi milenial. Permasalahan mengenai pengelolaan sampah plastik adalah apa saja bentuk regulasi yang terkait dengan pengelolaan sampah plastik di Desa Penatih Dangin Puri, Kelurahan Penatih, Kota Denpasar bagaimana bentuk peran serta generasi milenial dalam pengelolaan sampah plastik dan tingkat peran generasi milenial di Desa Penatih Dangin Puri, tujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk peran generasi milenial di Desa Penatih Dangin Puri. (2) mendeskripsikan tingkat peran generasi milenial di Desa Penatih Dangin Puri data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, salah satu bentuk peran serta generasi milenial dalam upaya perbaikan lingkungan yaitu dengan memberikan sumbangan tenaga berupa kerja bakti dan ikut serta dalam pengelolaan sampah plastik. Selain itu, mereka juga memiliki cara-cara sederhana untuk mengurangi sampah di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, mereka juga mengadakan pertemuan dengan masyarakat desa yang dilakukan satu kali dalam sebulan, yang dihadiri oleh pemerintah desa setempat, pemuda-pemudi yang tergabung dalam organisasi karang taruna Desa Penatih Dangin Puri yang terdiri dari 13 banjar dan 7 dusun. Generasi milenial melakukan kegiatan tersebut tanpa merasa terpaksa sama sekali. Tingkat peran serta generasi milenial yang terjadi di Desa Penatih Dangin Puri menurut kategori sedang, generasi milenial ikut berperan dalam pengelolaan sampah plastik akan tetapi pelaksanaanya masih belum maksimal.

References

Adi Isbandi Rukminto, 2003. Pemberdayaan Pengembangan Generasi milenial dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis). Jakarta : Lembaga Penerbit FE UI.

Fahrudin, Adi. Ph.D. 2011. Pemberdayaan Peran dan Penguatan Kapasitas Generasi milenial. Bandung : Buku Pendidikan-Anggota IKAPI.

Handayani Swi Dewi, Budisulistiorini, Nuraeni Rosie Mya. 2009. Jurnal Presipitasi, UUD Pengelolaan Sampah”. Volume 4. Nomor 2

Rahmawati, Destiana. 2018. Millennials and I-Generation Life. Yogyakarta: Laksana.

Nasrullah, Rulli.2015. Media sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Stillman, David dan Jonah Stillman. Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja.

http://alvara-strategic.com/generasi-millennial-indonesia-tantangan-dan-peluang-pemuda-indonesia/

http://www.academia.edu/7499386/makalah_sampah

http://yusuffrds8.blogspot.co.id/2012/10/penanggulangan-sampah-plastik.html

https://jujubandung.wordpress.com/2011/03/17/pemanfaatan sampah

Profil Kantor Desa Penatih Dangin Puri, Kelurahan Penatih, Kota Denpasar

Published
2018-12-01
Abstract viewed = 582 times
PDF downloaded = 1876 times