PKM BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN GONDA DI SUBAK KOTO BONGAN DESA ADAT BONGAN PUSEH TABANAN

  • Sri Yuliartini Made Warmadewa
  • Kartini Luh Warmadewa
  • Mayun Wirajaya Anak Agung Ngurah Warmadewa
Keywords: Subak, tanaman gonda, transfer teknologi budidaya serta pengolahan

Abstract

Tanaman gonda merupakan tanaman akuatik dengan batang berongga,  yang sebenarnya merupakan tumbuhan/gulma yang tumbuh pada tanaman padi. Di Kabupaten Tabanan, tanaman gonda dibudidayakan secara intensif pada lahan persawahan untuk menambah pendapatan. Khususya di Subak Koto Bongan budidaya tanaman gonda secara umum dilakukan setelah dan sebelum musim tanam padi tetapi teknik budidaya yang diterapkan belum maksimal  sehingga hasil yang didapat belum maksimal dan kontinyu serta teknik pengolahan di saat ketersediaan berlimpah belum dilakukan.  PKM dilaksanakan di Desa Adat Bongan Puseh-Tabanan pada “Subak Koto Bongan”: bertujuan ; Meningkatkan pemahaman serta penerapan  teknologi budidaya  yang benar dan tepat; memperluas penanaman dengan menanam secara beraturan dengan tenggang waktu , serta mencoba sistem tumpangsari tandur jajar 2:1 sehingga stabilitas dan diversitas hasil didapat;  dan juga pengolahan tanaman gonda menjadi makanan sehat seperti mie dari gonda. Pelaksanaan dimulai bulan Maret sampai Oktober  tahun 2021.  Pelaksanaan kegiatan pengabdian untuk mencapai tujuan meliputi  pemberian materi penyuluhan, pelatihan, penerapan teknologi dan pendampingan.  Target luaran yang dicapai  subak mitra dapat mengelola usaha tani tanaman gonda sehingga  nantinya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggotanya melalui peningkatan kuantitas, kualitas dan diversitas hasil serta pengolahan pasca panen tanaman gonda yang selanjutnya menyebarkan pada petani lingkup desa adat setempat.

References

[1].Bongan, Tabanan, Tabanan. Diakses tanggal 25 Desember 2020 di https://id.wikipediaaa.org/wiki/Bongan._Tabanann._Tabanan.
[2].Awig-Awig Desa Adat Bongan Puseh, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan
[3].Carter, R., J. C. Jones, dan R. H. Goddard. 2014. Sphenoclea zeylanica (Sphenocleaceae) in North America - Dispersal, Ecology, and Morphology. CASTANEA. 79 (1) : 33-50.
[4]. Cintari, L., A A N. Antarini, I A E. Padmiari, dan I B K. W. Yoga. 2013. Identifikasi Senyawa Aktif Ekstrak Etanol Sayur Gonda (Sphenoclea zeylanica) dan Potensinya Sebagai Antioksidan.Jurnal Skala Husada. 10 (2).: 126 - 135.
[5].Junarta, I Wayan, I Gusti Alit Gunadi, Ni Luh Pradnyawati. 2016. Identifikasi
Morfologi, Karakter Agronomi, dan Fenologi Tanaman Gonda (Sphenoclea
zeylaica Gaertn) di Kabupaten Tabanan. E. Jurnal Agroekoteknologi Tropika
Vol.5 No 3 .Tahun2016.
[6].Artanaya, I wayan. 2016. Gonda, Gulma bergizi dan Bernilai Ekonomis, 9 Mei
2016. Tabloid Sinartani
[7].Devi Setya. 2019. Nikmatnya Gonda, Gulma Padi yang biasa diolah jadi Plecing
di Bali. detikFood. Minggu 20 Januari 2020
Published
2022-08-06
Abstract viewed = 23 times
Budidaya dan Pengolahan Gonda downloaded = 23 times