Pengajaran Bahasa Inggris Kepada Anak Anak Binaan di Desa Suwung yang Dikelola Komunitas Kammbodja Rumah Belajar

  • Mirsa Umiyati Master of Linguistics Study Program, Universitas Warmadewa
  • Ni Made Chandra Widayanti
Keywords: Belajar Bahasa Inggris, Kesulitan Berbahasa Inggris, Komunitas Kambodja Rumah Belajar

Abstract

Bahasa Inggris diperlukan di hampir setiap bidang kehidupan, termasuk di bidang dunia pendidikan, dunia kerja, dunia bisnis, dll. Dengan menguasai bahasa Inggris, orang memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan di berbagai kesempatan. Salah satu komunitas belajar di Bali yang memberikan pembelajaran di luar sekolah, yaitu Komunitas Kambodja Rumah Belajar. Komunitas ini memberikan kegiatan pembelajaran kepada anak-anak di desa Suwung. Desa Suwung merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar Provinsi Bali yang berjarak 500meter sebelah selatan pusat kota. Anak-anak binaan di desa Suwung dikelola oleh Komunitas Kambodja Rumah Belajar. Namun, tenaga pengajar di komunitas tersebut masih harus dimaksimalkan karena tenaga pengajar merupakan para relawan. Selain itu, anak-anak di desa Suwung mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan fenomena inilah Magister Ilmu linguistik Universitas Warmadewa mengambil bagian melalui kegiatan PKM dengan mengadakan program Pengajaran Bahasa Inggris Kepada Anak Anak Binaan Di Desa Suwung Yang Dikelola Komunitas Kammbodja Rumah Belajar.

References

Akbari, Z. (2015). (n.d.). Current challenges in teaching/learning English for EFL learners: The case of junior high school and high school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 394–401.

Crystal, D. (n.d.). A dictionary of Linguistic and Phonetics. Oxford: Blackwell Publisher Ltd.

Harlina, H., & Nur Yusuf, F. (2020). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan Challenges of Learning English in Rural School. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20, 325–334.

Hendrawan, A., Winarti, T., & Indriawati, H. (2019). Pengembangan Stemming Untuk Artikel Berbahasa Indonesia. Semarang.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 147.

Muliana, I. N. (2021). Mengatasi Kesulitan Dalam Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 56–63.

Nurhadi, A. (2012). Teaching English To Young Learners ( Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini ). Educate, 1(1), 1–4. https://www.academia.edu/7037107/TEACHING_ENGLISH_TO_YOUNG_LEARNERS

Sidu, N. (2017). Ekoleksikon Ke-Kaghati-An Bahasa Muna. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(2), 328. https://doi.org/10.22225/jr.2.2.64.328-349

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosialkeagamaan, 1(17), 127–145.

https://www.belajaringgris.net/expression-of-thanking-3137.html

Published
2022-02-28
Section
Articles
Abstract viewed = 68 times
PDF downloaded = 89 times