MEMBINGKAI DIMENSI SDGS INDONESIA MELALUI STRATEGI MARKET CONDUCT, EDUKASI DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL

  • IKA MAKHERTA SUTADJI UNIVERSITAS BALIKPAPAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran kajian perilaku pelaku usaha jasa keuangan (market conduct), edukasi dan perlindungan konsumen yang dibingkai dalam dimensi Sustainable Development Goals sebagai upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instrumennya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten dengan menggunakan aturan yang berlaku di Otoritas Jasa Keuangan berupa UU No 4 Tahun 2023 dan aturan lain serta hasil pengamatan yang mendukung proses analisis.

Melalui aturan yang telah dijadikan standar acuan yang berlaku diharapkan akan memberikan peluang dalam menemukan potensi kebijakan yang akan membawa perubahan perilaku pelaku usaha jasa keuangan dengan tetap berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku. Hasil penelitian diharapkan akan memberikan alternatif solusi untuk penerapan standar yang berlaku menuju terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals) Indonesia.

 

 

 

References

Abubakar, L., & Handayani, T. (2019). Juridical Implications of The Sustainable Finance Principles Implementation in the Banking Sector on the Obligations of Sustainable Reporting. Jurnal Dinamika Hukum, 19(1), 52. https://doi.org/10.20884/1.jdh.2019.19.1.2189

Boblin, S. L., Ireland, S., Kirkpatrick, H., & Robertson, K. (2013). Using stake’s qualitative case study approach to explore implementation of evidence-based practice. Qualitative Health Research, 23(9), 1267–1275. https://doi.org/10.1177/1049732313502128

Castañeda, G., Chávez-Juárez, F., & Guerrero, O. A. (2018). How do governments determine policy priorities? Studying development strategies through spillover networks. Journal of Economic Behavior and Organization, 154, 335–361. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2018.07.017

Falikhatun, F., Wahyuni, S., Niswah, M. A., & Nilasakti, A. O. (2020). Financing Type And Sustainability Reporting: Financial Performance As Mediating Variable. Jurnal Dinamika Akuntansi, 12(1), 34–45. https://doi.org/10.15294/jda.v12i1.24930

Hidajat, T. (2015). An Analysis of Financial Literacy and Household Saving among Fishermen in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5), 216–222. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n5s5p216

Keuangan, O. J. (2014). Road Map Tahap I: Mekanisme Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta, 14. https://www.ojk.go.id/Files/201411/RoadmapMekanismePenyelesaianSengketaSJK2014_1416224879.pdf

Le Blanc, D. (2015). Towards Integration at Last? The Sustainable Development Goals as a Network of Targets. Sustainable Development, 23(3), 176–187. https://doi.org/10.1002/sd.1582

Li, K., Kim, D. J., Lang, K. R., Kauffman, R. J., & Naldi, M. (2020). How should we understand the digital economy in Asia? Critical assessment and research agenda. Electronic Commerce Research and Applications, 44. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2020.101004

Lo Bue, M. C., & Klasen, S. (2013). Identifying Synergies and Complementarities Between MDGs: Results from Cluster Analysis. Social Indicators Research, 113(2), 647–670. https://doi.org/10.1007/s11205-013-0294-y

Mejia-Escobar, J. C., González-Ruiz, J. D., & Duque-Grisales, E. (2020). Sustainable financial products in the Latin America banking industry: Current status and insights. Sustainability (Switzerland), 12(14). https://doi.org/10.3390/su12145648

Muhdar, M. Z., Reza, F. S., & Azis, D. E. P. (2019). Pengawasan Penyalahgunaan Informasi (Market Conduct) Bagi Perbankan Oleh Otoritas Jasa Keuangan Regional 6 Di Makassar. Indonesian Journal of Criminal Law, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31960/ijocl.v1i1.138

Nilsson, M., Chisholm, E., Griggs, D., Howden-Chapman, P., McCollum, D., Messerli, P., Neumann, B., Stevance, A. S., Visbeck, M., & Stafford-Smith, M. (2018). Mapping interactions between the sustainable development goals: lessons learned and ways forward. In Sustainability Science (Vol. 13, Issue 6, pp. 1489–1503). Springer. https://doi.org/10.1007/s11625-018-0604-z

Nugroho, L., Badawi, A., & Hidayah, N. (2019). Discourses of sustainable finance implementation in Islamic bank (Cases studies in Bank Mandiri Syariah 2018). International Journal of Financial Research, 10(6), 108–117. https://doi.org/10.5430/ijfr.v10n6p108

OJK. (2014). Booklet Perbankan Indonesia. Booklet Perbankan Indonesia 2014, 7. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/booklet-perbankan-indonesia/Documents/booklet_2014_opt_1395931938.pdf

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. Ojk.Go.Id, 1–130. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-2021-2025.aspx

Samantha, E. D., Tobing, G. L., & Widiarty, W. S. (2022). Pengawasan market conduct terhadap layanan Peer to Peer Lending (P2P Lending) ditinjau dari peraturan otoritas jasa keuangan No. 01/POJK. 07/2013. Novum Argumentum, 1(1), 13–21.

Sandi, E. (2019). Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (Ojk) Terhadap Perbankan Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Nasabah Atas Penjualan Data Nasabah Bank. Jurnal Idea Hukum, 5(2), 1532–1543. https://doi.org/10.20884/1.jih.2019.5.2.125

Sari Permata, I. (2020). Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan Perbankan. SULUH: Jurnal Abdimas, 1(2), 122–129. https://doi.org/10.35814/suluh.v1i2.1234

Sektor, D. I., Keuangan, J., Dan, B. E., & Konsumen. (2015). Modul Workshop Perlindungan Konsumen.

Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). Pemodelan Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 27(2), 61–74. https://doi.org/10.14203/jep.27.2.2019.61-74

Tay, L. Y., Tai, H. T., & Tan, G. S. (2022). Digital financial inclusion: A gateway to sustainable development. Heliyon, 8(6), e09766. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09766

Thennakoon, N. (2020). Financial Consumer Protection is not a Destination, it’s a Journey. Daily FT Sri Lanka, February 2020, 1–14. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3629024

Yuhan, A., Syahrin, M. A., & Basir. (2023). Pelaksanaan Peraturan OJK RI No. 6/Pojk.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat Di Sektor Jasa Keuangan Online Di Kota Pekanbaru. Jurnal of Sharia and Law, 2(1), 312–334.

Zulkifli, Fauzi, W., & Pratama, A. P. R. P. (2022). Pengawasan terhadap Perlindungan Hukum Konsumen Perbankan oleh Otoritas Jasa Keuangan di Kota Padang. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 5(1), 25–41.

Published
2024-01-26
How to Cite
SUTADJI, I. M. (2024). MEMBINGKAI DIMENSI SDGS INDONESIA MELALUI STRATEGI MARKET CONDUCT, EDUKASI DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ERA EKONOMI DIGITAL. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 15(2), 230-239. https://doi.org/10.22225/kr.15.2.2024.230-239
Abstract viewed = 101 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 93 times